RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : .............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : II (dua)/II (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi :
3. Melakukan
perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
B.
Kompetensi Dasar :
3.2 Melakukan
pembagian bilangan angka dua.
C.
Indikator :
1.
Menuliskan
pembagian sebagai pengurangan berulang sampai habis.
2.
Menyatakan
pembagian sebagai lawan perkalian.
3.
Membagi satu
bilangan dengan bilangan 1.
4.
Membagi satu
bilangan dengan bilangan itu sendiri.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menuliskan pembagian sebagai
pengurangan berulang sampai habis sesuai kaidah matematika yang benar.
2.
Setelah
mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai lawan
dari perkalian.
3.
Setelah bermain
peran, siswa dapat menyimpulkan sifat pembagian satu bilangan dengan bilangan
1.
4.
Setelah bermain
peran, siswa dapat menyimpulkan sifat pembagian suatu bilangan dengan bilangan
itu sendiri.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Arti Pembagian
Berikut ini adalah
contoh masalah yang berhubungan dengan pembagian.
Pak guru mempunyai 8
buah permen. Permen akan dimasukkan ke dalam 4 kantong plastik. Isi setiap
kantong plastik harus sama.
Langkah 1:
Siapkan 8 permen dan 4
kantung plastik.
Langkah 2:
8 permen dimasukkan
dalam kantong plastik. Setiap kantong dimasukkan 1 permen.
Langkah 3:
Permen yang belum
dimasukkan ke dalam kantong plastik tinggal 8 – 4 = 4. 4 permen yang tersisa dimasukkan
lagi ke dalam kantong plastik. Setiap kantong dimasukkan 1 permen.
Sekarang semua permen
berada di kantong plastik. Berapa isi setiap kantong? Karena Pak Guru melakukan
2 kali pengurangan, maka 8 – 4 – 4 = 0. Jadi setiap kantong plastik berisi 2
permen.
Pengurangan berulang 8
– 4 – 4 = 0 sama artinya dengan 8 : 4 = 2. Penulisan 8 : 4 = 2 dibaca 8 dibagi
4 sama dengan 2. 8 disebut bilangan yang dibagi. 4 disebut bilangan pembagi. 2
disebut hasil bagi dari 8 dan 4.
Kesimpulan: Pembagian merupakan pengurangan yang berulang sampai
habis.
2.
Mengenal
Pembagian Sebagai Lawan Dari Perkalian
Ada 4 kantong
yang masing-masing berisi 2 permen. Jika disatukan menjadi 8 permen. Dapat
ditulis dalam bentuk perkalian 4 x 2 = 8.
Ada 8 permen
dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 2 kantong. Sehingga
masing-masing kantong berisi 4 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 :
2 = 4.
Ada 8 permen
dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 4 kantong. Sehingga
masing-masing kantong berisi 2 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 :
4 = 2.
Jadi, hubungan
perkalian dengan pembagian dapat diamati dalam diagram berikut:
Bilangan yang
dibagi = pembagi x hasil bagi.
Kesimpulan: pembagian
merupakan lawan dari perkalian.
3.
Membagi dengan Bilangan
1
Ada 5 manggis
dibagikan kepada 1 orang. Orang itu menerima 5 manggis. Ditulis
5 : 1 = 5. Dibaca
lima dibagi satu sama dengan lima.
Ada 6 bunga
diikat menjadi 1 ikatan. Ditulis 6 : 1 = 6. Dibaca enam dibagi satu sama dengan
enam.
Kesimpulan:
Bilangan
dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri.
4.
Membagi Bilangan
Dengan Bilangan Itu Sendiri
Ada 7 mangga
dibagikan kepada 7 orang. Setiap orang mendapatkan 1 mangga. Ditulis 7 : 7 = 1.
Dibaca tujuh dibagi tujuh sama dengan satu.
Ada 3 pensil
diberikan kepada 3 siswa. Setiap siswa mendapatkan 1 pensil. Ditulis
3 : 3 = 1. Dibaca
tiga dibagi tiga sama dengan satu.
Kesimpulan:
Bilangan
dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan: Keterampilan Proses
Metode:
@ Ceramah
@ Bermain Peran
@ Kuis Kelompok
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
Motivasi:
Guru menceritakan sebuah cerita yang berisi masalah
yang sesuai dengan materi yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
Cerita: “Ada seorang Ibu yang memiliki 4 orang anak.
Anak Ibu tersebut menangis karena ingin makan permen. Ketika melewati sebuah
toko, Ibu tersebut membeli permen dan uangnya hanya cukup untuk mendapat 8
permen. Apa yang harus dilakukan Ibu tersebut agar masing-masing anaknya
mendapat permen yang sama bagiannya ?”
b.
Kegiatan Inti
@ Eksplorasi
a)
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi pembagian yang sesuai dengan
kaidah matematika yang benar.
b)
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi hubungan antara pembagian
sebagai lawan dari perkalian.
@ Elaborasi
a)
Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok.
b)
Guru memberikan
lembar kerja kepada siswa.
c)
Lembar kerja
berisi soal yang harus dipecahkan siswa dengan cara bermain peran.
d)
Siswa diberi
kesempatan untuk mengerjakan soal selama beberapa menit.
e)
Secara bergiliran
kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan memerankan peran sesuai pertanyaan
yang didapat.
f)
Guru membimbing
siswa dalam menemukan kesimpulan hasil presentasi siswa.
g)
Guru mengadakan
kuis dengan 5 pertanyaan yang harus dijawab secara berebut oleh kelompok.
h)
Kelompok dengan
poin terbanyak menjadi pemenang dan mendapat hadiah dari guru.
@ Konfirmasi
Siswa bersama guru meluruskan kesalahpahaman materi.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa diberi tugas rumah berupa lembar kerja oleh
guru dan diberi tugas untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya.
H.
Sumber dan Alat Pembelajaran
@ BSE Senang Matematika 2: untuk SD/MI kelas 2
Oleh Amin Mustoha, Buchori, Erna Juliatun, Isti
Hidayah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
@ Alat Pembelajaran: Permen, kantong plastik, spidol,
gambar (buah-buahan, bunga).
I.
Evaluasi
PERTANYAAN KUIS
1.
24 : 6 = . . .
2.
3 x 5 = 15, maka
15 : 3 = . . .
3.
10 : 1 = . . .
4.
8 : 8 = . . .
5.
Pada sebuah
permainan kelereng, setiap anak membawa 7 buah kelereng. Jika jumlah semua kelereng
ada 56 buah, maka yang bermain kelereng ada . . . anak.
JAWABAN KUIS
1.
24 : 6 ⇒ 24 – 6 – 6 – 6
– 6 = 0
Ada 4 kali pengurangan
sampai habis.
Jadi 24 : 6 = 4 (10
poin).
2.
15 : 3 ⇒ 15 – 3 – 3 – 3
– 3 – 3 = 0
Ada 5 kali pengurangan
sampai habis.
Jadi 15 : 3 = 5 (10
poin).
3.
10 : 1 ⇒ 10 – 1 – 1 – 1
– 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 = 0
Ada 10 kali pengurangan
sampai habis.
Jadi 10 : 1 = 10 (10
poin).
4.
8 : 8 ⇒ 8 – 8 = 0
Ada 1 kali pengurangan
sampai habis.
Jadi 8 : 8 = 1 (10
poin).
5.
56 : 7 ⇒ 56 – 7 – 7 – 7
– 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 0
Ada 8 kali pengurangan
sampai habis.
Jadi 56 : 7 = 8 (20
poin).
LEMBAR PEKERJAAN RUMAH (PR) SISWA
Nama :
No. Induk :
Kelas :
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
10 : 2 = . . .
2.
16 : 4 = . . .
3.
36 : 3 = . . .
4.
2 : 1 = . . .
5.
8 : 1 = . . .
6.
3 : 3 = . . .
7.
6 : 6 = . . .
8.
28 : 4 = . . .
9.
40 : 5 = . . .
10. 50 : 10 = . . .
Jawablah
pertanyaan-pertanyaaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
1. Sebanyak 21 butir telur dimasukkan ke dalam 3
kantong plastik sama banyak. Berapa isi telur pada setiap kantong ?
2. Sebuah kardus dapat diisi oleh 6 buah mangga. Jika
terdapat 36 buah mangga, maka dibutuhkan . . . buah kardus.
3. Satu buah bemo memiliki 3 roda. Jika ada 27 roda,
maka dapat dipasang pada . . . bemo.
4. Siswa kelas dua ada 35 orang. Akan dibentuk kelompok
belajar yang masing-masing anggotanya 5 siswa. berapa banyak siswa pada
masing-masing kelompok belajar ?
5. Ada 5 ekor burung dan 5 buah sangkar. Setiap burung
akan dimasukkan ke dalam sangkar. Berapa jumlah burung yang ada pada setiap sangkar
?
AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 1 : DORA THE EXPLORER
Aturan:
1.
Pilih siapa yang
berperan menjadi pembaca naskah.
2.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Dora.
3.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Boot.
4.
Kalian harus
berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.
Boot sedang
berjalan di taman dan melihat bunga yang cantik.
2.
Boot memetik
bunga tersebut dan akan dibagikan kepada Dora.
3.
Boot menghitung
jumlah bunga yang dia petik dengan suara yang keras.
4.
Kemudian Boot
menyerahkan semua bunga tersebut kepada Dora.
5.
Dora mendapat
bunga dari Boot dan mengucapkan terima kasih.
6.
Dora menuliskan
hasil pembagian bunga di papan tulis.
Pertanyaan: 6 : 1 = . . .
AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 2 : DORAEMON
Aturan:
1.
Pilih siapa yang
berperan menjadi pembaca naskah.
2.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Doraemon.
3.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Nobita.
4.
Kalian harus
berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.
Nobita baru saja
pulang dari rumah Sizuka.
2.
Nobita masuk
kamar dan memanggil doraemon.
3.
Doraemon datang
menemui Nobita.
4.
Nobita bilang
Kepada Doraemon bahwa dia ingin makan buah manggis.
5.
Doraemon
kemudian mengeluarkan buah manggis dari kantong ajaibnya.
6.
Doraemon menghitung
buah manggis yang dia ambil dari kantong ajaib dengan suara yang keras.
7.
Karena Doraemon
sudah memakan buah manggis, maka Doraemon membagikan semua buah manggis
tersebut kepada Nobita.
8.
Nobita senang
dan mengucapkan terima kasih kepada Doraemon.
9.
Nobita menuliskan
hasil pembagian manggis di papan tulis.
Pertanyaan: 5 : 1 = . . .
AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 3 : SPONGEBOB SQUAREPANTS
Aturan:
1.
Pilih siapa yang
berperan menjadi pembaca naskah.
2.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Spongebob.
3.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Patrick, Sqidword, Mr. Krab.
4.
Kalian harus
berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.
Hari ini
Spongebob pergi ke Krusty Krab untuk membuat Krabby Patty.
2.
Spongebob
membawa 3 buah pensil yang dia beli di Bikini Bottom.
3.
Spongebob
menghitung pensil yang dia bawa dengan suara yang keras.
4.
Sesampainya di
Krusty Krab, Spongebob membagikan pensil tersebut kepada Patrick, Squidword,
dan Mr. Krab.
5.
Mereka bertiga
tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada Spongebob.
6.
Spongebob
kemudian menulis hasil pembagian di papan tulis.
Pertanyaan: 3 : 3 = . . .
AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 4 : UPIN IPIN
Aturan:
1.
Pilih siapa yang
berperan menjadi pembaca naskah.
2.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Kak Ros.
3.
Pilih siapa yang
berperan menjadi Upin, Ipin, Ehsan, Mail, Fizi, Mei Mei, dan Jarjit.
4.
Kalian harus
berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.
Kak Ros baru
pulang dari pasar membawa satu kantong mangga.
2.
Kak Ros
memberikan mangga tersebut kepada Upin untuk dibagikan dengan teman-temannya.
3.
Upin menghitung
jumlah mangga yang ada dengan suara yang keras.
4.
Upin kemudian
menghitung jumlah temannya yang datang termasuk dirinya sendiri.
5.
Upin kemudian
membagi buah mangga tersebut kepada temannya dan dirinya sendiri.
6.
Semua teman Upin
bergembira dan mengucapkan terima kasih kepada Upin.
7.
Upin menuliskan
hasil pembagian mangga di papan tulis.
Pertanyaan: 7 : 7 = . . .
Salatiga, November 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
NIP:............................ NIP:............................
PUNTEN MAS DENI SAYA LIHAT RPP NYA SBG CONTOH. MAKASIH
BalasHapusMakasih ya mas sangat bermanfaat.... izin dijadikan sebagai sumber belajar. ......
BalasHapusMas Deni ........ makasih ya , sdh membantu sy smoga kebaikannya menjadi amal .amin amin
BalasHapusTerima kasih ya. Rpp tersebut dapat menjadi contoh untuk mengerjakan tugas saya. 😊😊
BalasHapusTerimakasih yaa
BalasHapusRPP nya sangat membantu kami para mahasiswa yang masih berjuang.
Terimakasih yaa
BalasHapusRPP nya sangat membantu kami para mahasiswa yang masih berjuang.
izin copy ya !!
BalasHapusTerima kasih.... RPPnya sangat membantu untuk dijadikan contoh pembelajaran. mohon izin mencopy..
BalasHapus