Jumat, 22 Maret 2013

RPP MATEMATIKA SD KELAS II (PEMBAGIAN)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                         Sekolah                  : .............................
                                        Mata Pelajaran      : Matematika
                                        Kelas/Semester      : II (dua)/II (dua)
                                        Alokasi Waktu       : 2 x 35 menit

A.      Standar Kompetensi :
3.    Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
B.       Kompetensi Dasar :
3.2 Melakukan pembagian bilangan angka dua.
C.      Indikator :
1.         Menuliskan pembagian sebagai pengurangan berulang sampai habis.
2.         Menyatakan pembagian sebagai lawan perkalian.
3.         Membagi satu bilangan dengan bilangan 1.
4.         Membagi satu bilangan dengan bilangan itu sendiri.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menuliskan pembagian sebagai pengurangan berulang sampai habis sesuai kaidah matematika yang benar.
2.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai lawan dari perkalian.
3.         Setelah bermain peran, siswa dapat menyimpulkan sifat pembagian satu bilangan dengan bilangan 1.
4.         Setelah bermain peran, siswa dapat menyimpulkan sifat pembagian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri.
E.       Materi Pembelajaran
1.         Arti Pembagian
Berikut ini adalah contoh masalah yang berhubungan dengan pembagian.
Pak guru mempunyai 8 buah permen. Permen akan dimasukkan ke dalam 4 kantong plastik. Isi setiap kantong plastik harus sama.
Langkah 1:
Siapkan 8 permen dan 4 kantung plastik.
Langkah 2:
8 permen dimasukkan dalam kantong plastik. Setiap kantong dimasukkan 1 permen.
Langkah 3:
Permen yang belum dimasukkan ke dalam kantong plastik tinggal 8 – 4 = 4. 4 permen yang tersisa dimasukkan lagi ke dalam kantong plastik. Setiap kantong dimasukkan 1 permen.
Sekarang semua permen berada di kantong plastik. Berapa isi setiap kantong? Karena Pak Guru melakukan 2 kali pengurangan, maka 8 – 4 – 4 = 0. Jadi setiap kantong plastik berisi 2 permen.
Pengurangan berulang 8 – 4 – 4 = 0 sama artinya dengan 8 : 4 = 2. Penulisan 8 : 4 = 2 dibaca 8 dibagi 4 sama dengan 2. 8 disebut bilangan yang dibagi. 4 disebut bilangan pembagi. 2 disebut hasil bagi dari 8 dan 4.
Kesimpulan: Pembagian merupakan pengurangan yang berulang sampai habis.
2.         Mengenal Pembagian Sebagai Lawan Dari Perkalian
             
Ada 4 kantong yang masing-masing berisi 2 permen. Jika disatukan menjadi 8 permen. Dapat ditulis dalam bentuk perkalian 4 x 2 = 8.
Ada 8 permen dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 2 kantong. Sehingga masing-masing kantong berisi 4 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 : 2 = 4.
Ada 8 permen dalam 1 kantong. Kemudian dibagi sama banyak ke dalam 4 kantong. Sehingga masing-masing kantong berisi 2 permen. Dapat ditulis dalam bentuk pembagian 8 : 4 = 2.
Jadi, hubungan perkalian dengan pembagian dapat diamati dalam diagram berikut:
Bilangan yang dibagi = pembagi x hasil bagi.
Kesimpulan: pembagian merupakan lawan dari perkalian.
3.         Membagi dengan Bilangan 1
Ada 5 manggis dibagikan kepada 1 orang. Orang itu menerima 5 manggis. Ditulis
5 : 1 = 5. Dibaca lima dibagi satu sama dengan lima.
Ada 6 bunga diikat menjadi 1 ikatan. Ditulis 6 : 1 = 6. Dibaca enam dibagi satu sama dengan enam.
Kesimpulan: Bilangan dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri.
4.         Membagi Bilangan Dengan Bilangan Itu Sendiri
Ada 7 mangga dibagikan kepada 7 orang. Setiap orang mendapatkan 1 mangga. Ditulis 7 : 7 = 1. Dibaca tujuh dibagi tujuh sama dengan satu.
Ada 3 pensil diberikan kepada 3 siswa. Setiap siswa mendapatkan 1 pensil. Ditulis
3 : 3 = 1. Dibaca tiga dibagi tiga sama dengan satu.
Kesimpulan: Bilangan dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu.
F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan: Keterampilan Proses
Metode:
@  Ceramah
@  Bermain Peran
@  Kuis Kelompok
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
Motivasi:
Guru menceritakan sebuah cerita yang berisi masalah yang sesuai dengan materi yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
Cerita: “Ada seorang Ibu yang memiliki 4 orang anak. Anak Ibu tersebut menangis karena ingin makan permen. Ketika melewati sebuah toko, Ibu tersebut membeli permen dan uangnya hanya cukup untuk mendapat 8 permen. Apa yang harus dilakukan Ibu tersebut agar masing-masing anaknya mendapat permen yang sama bagiannya ?”
b.        Kegiatan Inti
@  Eksplorasi
a)        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi pembagian yang sesuai dengan kaidah matematika yang benar.
b)        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi hubungan antara pembagian sebagai lawan dari perkalian.
@  Elaborasi
a)        Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
b)        Guru memberikan lembar kerja kepada siswa.
c)        Lembar kerja berisi soal yang harus dipecahkan siswa dengan cara bermain peran.
d)       Siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan soal selama beberapa menit.
e)        Secara bergiliran kelompok menyampaikan hasil diskusi dengan memerankan peran sesuai pertanyaan yang didapat.
f)         Guru membimbing siswa dalam menemukan kesimpulan hasil presentasi siswa.
g)        Guru mengadakan kuis dengan 5 pertanyaan yang harus dijawab secara berebut oleh kelompok.
h)        Kelompok dengan poin terbanyak menjadi pemenang dan mendapat hadiah dari guru.
@  Konfirmasi
Siswa bersama guru meluruskan kesalahpahaman materi.
c.         Kegiatan Akhir
Siswa diberi tugas rumah berupa lembar kerja oleh guru dan diberi tugas untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
H.      Sumber dan Alat Pembelajaran
@  BSE Senang Matematika 2: untuk SD/MI kelas 2
Oleh Amin Mustoha, Buchori, Erna Juliatun, Isti Hidayah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
@  Alat Pembelajaran: Permen, kantong plastik, spidol, gambar (buah-buahan, bunga).


I.         Evaluasi

PERTANYAAN KUIS
1.      24 : 6 = . . .
2.      3 x 5 = 15, maka 15 : 3 = . . .
3.      10 : 1 = . . .
4.      8 : 8 = . . .
5.      Pada sebuah permainan kelereng, setiap anak membawa 7 buah kelereng. Jika jumlah semua kelereng ada 56 buah, maka yang bermain kelereng ada . . . anak.

JAWABAN KUIS
1.      24 : 6 24 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0
Ada 4 kali pengurangan sampai habis.
Jadi 24 : 6 = 4 (10 poin).
2.      15 : 3 15 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0
Ada 5 kali pengurangan sampai habis.
Jadi 15 : 3 = 5 (10 poin).
3.      10 : 1 10 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 – 1 = 0
Ada 10 kali pengurangan sampai habis.
Jadi 10 : 1 = 10 (10 poin).
4.      8 : 8 8 – 8 = 0
Ada 1 kali pengurangan sampai habis.
Jadi 8 : 8 = 1 (10 poin).
5.      56 : 7 56 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 0
Ada 8 kali pengurangan sampai habis.
Jadi 56 : 7 = 8 (20 poin).


LEMBAR PEKERJAAN RUMAH (PR) SISWA

Nama         :
No. Induk  :
Kelas          :

       Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1.      10 : 2 = . . .
2.      16 : 4 = . . .
3.      36 : 3 = . . .
4.      2 : 1 = . . .
5.      8 : 1 = . . .
6.      3 : 3 = . . .
7.      6 : 6 = . . .
8.      28 : 4 = . . .
9.      40 : 5 = . . .
10.  50 : 10 = . . .


Jawablah pertanyaan-pertanyaaan berikut ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Sebanyak 21 butir telur dimasukkan ke dalam 3 kantong plastik sama banyak. Berapa isi telur pada setiap kantong ?
2.      Sebuah kardus dapat diisi oleh 6 buah mangga. Jika terdapat 36 buah mangga, maka dibutuhkan . . . buah kardus.
3.      Satu buah bemo memiliki 3 roda. Jika ada 27 roda, maka dapat dipasang pada . . . bemo.
4.      Siswa kelas dua ada 35 orang. Akan dibentuk kelompok belajar yang masing-masing anggotanya 5 siswa. berapa banyak siswa pada masing-masing kelompok belajar ?
5.      Ada 5 ekor burung dan 5 buah sangkar. Setiap burung akan dimasukkan ke dalam sangkar. Berapa jumlah burung yang ada pada setiap sangkar ?



AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 1 : DORA THE EXPLORER
Aturan:
1.      Pilih siapa yang berperan menjadi pembaca naskah.
2.      Pilih siapa yang berperan menjadi Dora.
3.      Pilih siapa yang berperan menjadi Boot.
4.      Kalian harus berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.      Boot sedang berjalan di taman dan melihat bunga yang cantik.
2.      Boot memetik bunga tersebut dan akan dibagikan kepada Dora.
3.      Boot menghitung jumlah bunga yang dia petik dengan suara yang keras.
4.      Kemudian Boot menyerahkan semua bunga tersebut kepada Dora.
5.      Dora mendapat bunga dari Boot dan mengucapkan terima kasih.
6.      Dora menuliskan hasil pembagian bunga di papan tulis.
Pertanyaan: 6 : 1 = . . .


AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 2 : DORAEMON
Aturan:
1.      Pilih siapa yang berperan menjadi pembaca naskah.
2.      Pilih siapa yang berperan menjadi Doraemon.
3.      Pilih siapa yang berperan menjadi Nobita.
4.      Kalian harus berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.      Nobita baru saja pulang dari rumah Sizuka.
2.      Nobita masuk kamar dan memanggil doraemon.
3.      Doraemon datang menemui Nobita.
4.      Nobita bilang Kepada Doraemon bahwa dia ingin makan buah manggis.
5.      Doraemon kemudian mengeluarkan buah manggis dari kantong ajaibnya.
6.      Doraemon menghitung buah manggis yang dia ambil dari kantong ajaib dengan suara yang keras.
7.      Karena Doraemon sudah memakan buah manggis, maka Doraemon membagikan semua buah manggis tersebut kepada Nobita.
8.      Nobita senang dan mengucapkan terima kasih kepada Doraemon.
9.      Nobita menuliskan hasil pembagian manggis di papan tulis.
Pertanyaan: 5 : 1 = . . .


AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 3 : SPONGEBOB SQUAREPANTS
Aturan:
1.      Pilih siapa yang berperan menjadi pembaca naskah.
2.      Pilih siapa yang berperan menjadi Spongebob.
3.      Pilih siapa yang berperan menjadi Patrick, Sqidword, Mr. Krab.
4.      Kalian harus berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.      Hari ini Spongebob pergi ke Krusty Krab untuk membuat Krabby Patty.
2.      Spongebob membawa 3 buah pensil yang dia beli di Bikini Bottom.
3.      Spongebob menghitung pensil yang dia bawa dengan suara yang keras.
4.      Sesampainya di Krusty Krab, Spongebob membagikan pensil tersebut kepada Patrick, Squidword, dan Mr. Krab.
5.      Mereka bertiga tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada Spongebob.
6.      Spongebob kemudian menulis hasil pembagian di papan tulis.
Pertanyaan: 3 : 3 = . . .


AYO BERMAIN PERAN
KELOMPOK 4 : UPIN IPIN
Aturan:
1.      Pilih siapa yang berperan menjadi pembaca naskah.
2.      Pilih siapa yang berperan menjadi Kak Ros.
3.      Pilih siapa yang berperan menjadi Upin, Ipin, Ehsan, Mail, Fizi, Mei Mei, dan Jarjit.
4.      Kalian harus berperan sesuai petunjuk dari pembaca naskah.
Naskah:
1.      Kak Ros baru pulang dari pasar membawa satu kantong mangga.
2.      Kak Ros memberikan mangga tersebut kepada Upin untuk dibagikan dengan teman-temannya.
3.      Upin menghitung jumlah mangga yang ada dengan suara yang keras.
4.      Upin kemudian menghitung jumlah temannya yang datang termasuk dirinya sendiri.
5.      Upin kemudian membagi buah mangga tersebut kepada temannya dan dirinya sendiri.
6.      Semua teman Upin bergembira dan mengucapkan terima kasih kepada Upin.
7.      Upin menuliskan hasil pembagian mangga di papan tulis.
Pertanyaan: 7 : 7 = . . .



Salatiga, November 2012
       Mengetahui,
     Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas


NIP:............................                                                                                      NIP:............................

8 komentar:

  1. PUNTEN MAS DENI SAYA LIHAT RPP NYA SBG CONTOH. MAKASIH

    BalasHapus
  2. Makasih ya mas sangat bermanfaat.... izin dijadikan sebagai sumber belajar. ......

    BalasHapus
  3. Mas Deni ........ makasih ya , sdh membantu sy smoga kebaikannya menjadi amal .amin amin

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya. Rpp tersebut dapat menjadi contoh untuk mengerjakan tugas saya. 😊😊

    BalasHapus
  5. Terimakasih yaa
    RPP nya sangat membantu kami para mahasiswa yang masih berjuang.

    BalasHapus
  6. Terimakasih yaa
    RPP nya sangat membantu kami para mahasiswa yang masih berjuang.

    BalasHapus
  7. Terima kasih.... RPPnya sangat membantu untuk dijadikan contoh pembelajaran. mohon izin mencopy..

    BalasHapus