Jumat, 22 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS II (ALAT UKUR PANJANG)


TUGAS
MATEMATIKA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun oleh :
1.      Aprina Ninda S           292010002
2.      Deni Prasetya              292010007
3.      Saurmauli M S            292010011
4.      Helena N S                  292010012
5.      Indri Palaras R             292010028
6.      Heni Pranita                292010297
7.      Emi Suherlina              292010299


Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Kristen Satya Wacana
Salatiga
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                           Sekolah               : .................................
                                           Mata Pelajaran   : Matematika
                                           Kelas/Semester    : II (dua)/I (satu)
                                           Alokasi Waktu    : 2 x 35 Menit
Standar Konpetensi    :
       2. Menggunakan pengukuran waktu panjang dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar      :
2.2 mengukur menggunakan alat ukur pangjang tidak baku dan yang baku (cm,m) yang sering digunakan.
Indikator   :
1.         Membandingkan panjang pendeknya benda.
2.         Menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan tidak baku.
3.         Menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan  baku.
4.         Menggunakan alat ukur yang baku (cm,m).
A.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah mengamati dua benda, siswa dapat membandingkan panjang pendeknya benda dengan benar.
2.         Setelah mengamati beberapa benda, siswa dapat menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan tepat.
3.         Setelah mendengar penjelaskan dari guru, siswa dapat menggunakan alat ukur satuan tidak baku.
4.         Setelah mendengar penjelaskan dari guru, siswa dapat menggunakan alat ukur satuan baku.
5.         Setelah mengukur beberapa benda, siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan tidak baku dan baku dengan benar.
B.       Materi Pembelajaran
1.         Alat ukur tidak baku
Untuk mengukur panjang benda kita dapat menggunakan satuan tak baku. Contoh alat ukur tidak baku antara lain:
-          Jengkal tangan
-          Depa (dua tangan direntangkan)
-          Langkah
-          Hasta (jari tangan dirapatkan)
2.         Alat ukur baku (cm, m)
Untuk memperoleh hasil pengukuran yang sama dibuat alat ukur baku. Dengan alat ukur baku akan diperoleh hasil pengukuran yang sama. Contoh alat ukur baku adalah meteran dan penggaris. Sehingga semua benda yang panjangnya 10 m, diukur dimana saja akan sama dengan panjang 10 m.
a.         Mengenal satuan sentimeter (cm)
Gambar di atas merupakan alat ukur baku bagian atas menunjukkan  sentimeter. Hasil pengukuran kadang-kadang tidak kita peroleh bilangan yang tepat karena itu diambil bilangan yang terdekat perhatikan gambar di bawah ini pangkal pensil diimpitkan dengan angka 0 ( nol ) ternyata ujung   pensil berimpit dengan angka 8, jadi panjang pensil adalah 8 cm.
b.        Mengenal satuan meter (m)
Jika hasil pengukuran mencapai 100 cm maka setiap 100 cm sama dengan 1 meter. Selanjutnya 1 meter ditulis 1 m.
C.      Pendekatan Pembelajaran
@  Keterampilan proses
D.      Metode Pembelajaran
@  Kerja kelompok
@  Problem solving
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
Motivasi :
Guru membandingkan panjang buku tulis dengan pensil. Sehingga akan muncul permasalahan bagaimana membedakan panjang buku tulis dengan pensil.
b.        Kegiatan Inti
@  Eksplorasi
Siswa dalam kelompok mengerjakan tugas yang terdapat dalam lembar kerja  siswa.
@  Elaborasi
1.      Guru meminta siswa untuk membandingkan panjang benda pada lembar kerja.
2.      Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dengan bimbingan guru.
3.      Guru menjelaskan satuan tidak baku (jengkal, depa, hasta dan langkah).
4.      Guru membagikan lembar kerja 2
5.      Guru meminta siswa mengukur benda yang ada pada lembar kerja dengan menggunakan satuan tidak baku (jengkal, hasta, langkah, dan depa)
6.      Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dan pengukuran dengan bimbingan guru. Akan muncul perbedaan hasil antar kelompok dalam menggunakan alat ukur satuan tidak baku.
7.      Guru membimbing siswa menemukan alasan perbedaan hasil kerja setiap kelompok.
8.      Guru mengarahkan siswa untuk menggunakan alat ukur satuan baku (penggaris dan meteran).
9.      Guru meminta siswa mengukur benda pensil, sedotan, buku dan papan tulis menggunakan alat ukur satuan baku yaitu penggaris yang satuannya cm.
10.  Guru mengenalkan meteran untuk mengukur benda yang susah jika diukur dengan penggaris.
11.  Guru meminta siswa mengukur papan tulis dan pintu menggunakan meteran.
12.  Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dan pengukuran dengan bimbingan guru.
13.  Guru bersama-sama dengan siswa membuktikan hasil pengukuran yang tepat.
@  Konfirmasi
1.      Guru bersama – sama dengan siswa menyimpulkan hasil kerja kelompok dan menemukan pemecahan masalah yang tepat.
2.      Guru bersama-sama dengan siswa menyayikan lagu.
c.         Kegiatan Akhir
Siswa diberi tugas untuk mengukur benda – benda dirumah (lemari, meja belajar, ruang kamar dan televisi)

F.       Sumber dan Alat Pembelajaran
·           BSE Senang Matematika 2: untuk SD/MI kelas 2
Oleh Amin Mustoha, Buchori, Erna Juliatun, Isti Hidayah.  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
·           Alat pembelajaran: Penggaris, meteran, pensil, sedotan, papan tulis, buku, dan pintu kelas.



G.      Evaluasi
LEMBAR KERJA SISWA I
Isilah tabel dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
No
Benda
Panjang
Pendek
1
Pensil dengan sedotan


2
Buku tulis dengan pensil


3
Papan tulis dengan pintu




LEMBAR KERJA SISWA 2
Isilah tabel dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
NO
Benda
Alat ukur tidak baku
Alat ukur baku
jengkal
hasta
depa
Langkah
cm
  m
1.
Buku tulis






2.
Sedotan






3.
Pensil






4.
Papan tulis






5.
Pintu kelas







                                                                                                                                Salatiga, 12 oktober 2012
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas



  ...............................                                                      ...............................
  NIP :                                                                            NIP :



Ayo Ukur (lagu: Menanam Jagung)

Ayo kawan kita bersama
Mengukur benda sekitar kita
Jengkal dan hasta, langkah dan depa
Alat ukur tak baku namanya

            Ukur ukur ukur bendanya
            Tapi hasilnya kok tidak sama
            Jengkal, hasta, langkah dan depa
            Setiap orang hasilnya beda

Ayo kawan kita ulangi
Mengukur benda sekali lagi
Ambil meteran atau penggaris
Itu alat ukur baku yang pasti

            Ukur ukur ukur bendanya
            Pakai meteran sama hasilnya
            Ukur ukur ukur bendanya
            Pakai penggaris hasilnya sama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar