Rabu, 20 Maret 2013

RPP IPA KELAS V (FOTOSIINTESIS)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                           Sekolah               : .................................
                                           Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
                                           Kelas/Semester    : V (lima)/I (satu)
                                           Alokasi Waktu    : 2 x 35 Menit

Standar Konpetensi    :
     2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi Dasar      :
    2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator   :
1.      Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis.
2.      Menjelaskan hasil pembuatan makanan pada tumbuhan dan tempat menyimpannya.
A.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi cara tumbuhan hijau membuat makanan, siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis sebagai proses pembuatan makanan pada tumbuhan.
2.      Setelah menyaksikan contoh gambar yang diberikan guru tentang bahan-bahan pembuatan makanan pada tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan.
3.      Setelah menyaksikan animasi video tentang fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat.
4.      Setelah menyaksikan animasi video tentang fotosintesis, siswa dapat menyebutkan hasil dari proses fotosintesis.
5.      Setelah menyaksikan animasi video tentang pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis pada tumbuhan hijau, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah dalam pembuktian pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis.
6.      Setelah menyaksikan contoh gambar yang diberikan guru tentang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, siswa dapat menyebutkan tempat-tempat dimana tumbuhan menyimpan cadangan makanannya dan memberikan contohnya.
@ Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan Perhatian (Respect), Tekun (Dilligence), Aktif (Active), Tanggungjawab (Responsibility), Ketelitian (Carefulness).
B.       Materi Pembelajaran
     Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan bahan-bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah air dan karbondioksida. Tumbuhan mengambil air tersebut dengan cara menyerapnya dari dalam tanah. Bagian tubuh tumbuhan yang bertugas untuk menyerapnya adalah akar. Khususnya rambut akar. Rambut akar mempunyai bentuk yng halus sehingga mudah menyusup ke dalam sela-sela tanah. Air yang diserap oleh rambut akar naik ke batang melalui pembuluh kayu atau pembuluh tapis. Kemudian air disebarkan keseluruh bagian tumbuhan.
     Karbondioksida dari udara masuk ke tubuh tumbuhan melalui stomata (mulut daun) dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil yang terdapat dipermukaan daun bagian bawah. Lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di batang.
     Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan cahaya sebagai sumber tenaga atau energi. Energi cahaya yang mengenai daun diserap oleh klorofil. Pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil merupakan zat warna hijau pada tumbuhan. Energi dari cahaya digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa (karbohidrat) dan oksigen. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis. Reaksi fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.
Hasil fotosintesis adalah makanan yang berupa karbohidrat. Makanan tersebut diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Makanan tersebut digunakan tumbuhan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai cadangan makanan makanan. Hasil lain dari fotosintesis berupa oksigen yang dikeluarkan ke udara melalui stomata. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas.
Secara alami, fotosintesis terjadi pada siang hari karena fotosintesis memerlukan cahaya. Cahaya yang dapat memberikan energi terbesar untuk fotosintesis adalah cahaya matahari. Cahaya lampu juga dapat memberi energi pada fotosintesis. Akan tetapi, energi cahaya matahari jauh lebih besar dari energi cahaya lampu. Untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap proses pembuatan makanan pada tumbuhan, dapat dibuktikan dengan melakukan percobaan berikut.
Pada percobaan di atas. Sebagian daun ditutup dengan kertas hitam (karbon) sehingga tidak menerima cahaya matahari. Setelah beberapa jam di bawah cahaya, kertas dibuka. Kemudian daun direbus dalam air mendidih hingga layu. Daun yang telah layu tersebut dimasukkan dalam tabung yang berisi alkohol. Tabung lalu direndam dalam air panas. Akhirnya daun dikeluarkan dari alkohol dan dimasukkan kembali ke dalam air panas. Setelah itu daun diangkat. Kemudian, seluruh permukaan daun ditetesi dengan larutan lugol atau iodin. Larutan ini akan mengubah warna bahan yang mengandung karbohidrat (zat tepung) menjadi berwarna ungu gelap atau kehitaman. Berarti, pada bagian itu dihasilkan karbohidrat. Sementara bagian yang ditutup kertas karbon tidak berubah warnanya. Berarti, pada bagian itu tidak dihasilkan karbohidrat. Karbohidrat yang dihasilkan tumbuhan sebagian disimpan sebagai cadangan makanan.
            Berdasarkan tempat menyimpan cadangan makanannya, tumbuhan dikelompokkan   menjadi empat, yaitu:
a.       Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi
Contohnya : kentang, singkong, ubi jalar, wortel, talas, bawang merah.
b.      Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam buah
Contohnya : mangga, avokad, pepaya, jeruk, apel, nanas, pisang, durian, anggur.
c.       Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam biji
Contohnya : kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah.
d.      Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam batang
Contohnya : tebu dan sagu.
C.      Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan inkuiri
Ø  Ceramah
Ø  Demonstrasi
D.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal (10 menit)
Motivasi : Guru bertanya kepada siswa. (1) Pernahkah kalian duduk di bawah pohon yang berdaun lebat ? (2) Pernahkah kalian duduk di bawah pohon yang daunnya sedikit ? Bagaimana rasanya ketika duduk di bawah pohon yang berdaun lebat dan berdaun sedikit ? Apakah ada perbedaannya ?
Jawaban yang diharapkan : Duduk di bawah pohon yang berdaun lebat terasa lebih sejuk dibandingkan dengan duduk di bawah pohon yang daunnya sedikit.
Memunculkan masalah : Guru bertanya kepada siswa “Kenapa ketika duduk di bawah pohon yang berdaun lebat terasa lebih sejuk ? Padahal sama-sama duduk di bawah pohon.” Guru kemudian menggali dugaan sementara (hipotesis) dari siswa.
2.      Kegiatan inti (45 menit)
& Eksplorasi
@ Siswa diminta maju ke depan untuk memeragakan kejadian yang disajikan dalam motivasi, yaitu siswa membayangkan saat berteduh di bawah pohon dengan alat payung sebagai pohon dan sinar senter sebagai cahaya matahari.
@ Siswa mendengarkan penjelasan dari guru dan memperhatikan setiap gambar dan video yang ditampilkan oleh guru.
& Elaborasi
@ Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
@ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
@ Guru menyajikan berbagai macam gambar hasil cadangan makanan pada tumbuhan dan menugasi siswa untuk mengelompokkan gambar-gambar tersebut ke dalam satu kelompok yang sesuai tempat penyimpanannya.
@ Guru bersama siswa menyanyikan lagu “fotosintesis” untuk memperdalam pemahaman siswa.
& Konfirmasi
@ Guru melakukan kegiatan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa disertai pemberian penguatan.
@ Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran.
3.      Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes kepada siswa yang ada hubungannya dengan materi pelajaran yang telah dipelajari.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa.
E.       Sumber dan Alat Pembelajaran
Ø Sumber materi : Buku Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas V (Lima)
Penyususn : Haryanto
Penerbit : Erlangga
Halaman : 42 – 47
Ø  Alat  yang digunakan selama pembelajaran :
-          Payung (Memeragakan masalah dari motivasi);
-          Laptop dan LCD;
-          Gambar penampang melintang daun;
-          Gambar klorofil dan kloroplas;
-          Gambar pembuluh kayu/pembuluh tapis;
-          Gambar bahan-bahan yang diperlukan dalam fotosintesis (air, karbondioksida, matahari, klorofil);
-          Gambar hasil proses fotosintesis (karbohidrat, oksigen);
-          Gambar skema proses fotosintesis;
-          Video proses terjadinya fotosintesis;
-          Video proses pembuktian pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis;
-          Gambar hasil cadangan makanan pada tumbuhan (umbi, buah, biji, batang).
F.       Evaluasi
Ø  Jenis alat evaluasi : tes tertulis
Ø  Bentuk alat evaluasi : 10 soal pilihan ganda (terlampir)

                                                                                                            Salatiga, 27 Maret 2012
                                                                                                                        Mahasiswa

                                                                                                                      Deni Prasetya
                                                                                                                    NIM : 292010007


TES EVALUASI
Nama         :
No Absen  :
Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.        Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari disebut . . .
a.         Pertumbuhan                                                 c. Fotosintesis
b.    Perkembangan                                                  d. Sintesa makanan
2.        Zat hijau daun yang berguna pada proses pembuatan makanan pada tumbuhan adalah . . .
a.    Klorofil                                                            c. Batang
b.    Akar                                                                 d. Daun
3.        Pada proses pembuatan makanan, tumbuhan memerlukan bahan-bahan berikut, kecuali....
a.    Cahaya                                                                        c. Karbondioksida
b.    Karbohidrat                                                      d. Air
4.        Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis digunakan oleh manusia dan hewan pada proses . . .
a.    Pencernaan                                                      c. Pernapasan
b.    Pengeluaran                                                      d. Peredaran darah
5.        Perhatikan gambar di bawah ini !

        


Pada gambar di samping, tempat yang digunakan untuk menyerap air dari dalam tanah ditunjukkan oleh nomor . . .
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4

6.        Karbondioksida yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis diserap oleh tumbuhan melalui . . .
a.    Akar                                                                c. Mulut daun
b.    Batang                                                             d. Bunga
7.        Klorofil pada tumbuhan hijau berfungsi untuk . . .
a.    Sumber tenaga                                                 c. Menangkap cahaya
b.    Menyerap air                                                   d. Menghasilkan oksigen
8.        Di bawah ini merupakan tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya berupa buah adalah . . .
a.    Mangga                                                           c. Kentang
b.    Singkong                                                         d. Kacang tanah
9.        Perhatikan gambar di bawah ini !

        

Tumbuhan pada gambar di samping menyimpan timbunan makanannya pada bagian . . .
a.         Daun
b.         Batang
c.         Biji
d.        Umbi

10.    Kacang hijau dan kacang tanah menyimpan timbunan makanannya pada . . .
a.    Umbi                                                   c. Buah
b.    Biji                                                       d. Batang

KUNCI JAWABAN TES EVALUASI
1. C
2. A
3. B
4. C
5. D
6. C
7. C
8. A
9. D
10. B

Nilai = jumlah jawaban benar x 10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar