Jumat, 22 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS V (PERSEN)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                         Sekolah                  : .............................
                                        Mata Pelajaran      : Matematika
                                        Kelas/Semester      : V (lima)/II (dua)
                                        Alokasi Waktu       : 2 x 35 menit

A.      Standar Kompetensi :
5.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.
B.       Kompetensi Dasar :
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya.
C.      Indikator :
1.         Menentukan presentase dari banyak benda atau kuantitas.
2.         Menentukan banyak (kuantitas) jika presentase dan banyak benda keseluruhan diketahui.
3.         Mengubah pecahan ke bentuk persen dan sebaliknya.
4.         Mengubah desimal ke bentuk persen dan sebaliknya.
5.         Mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menentukan presentase dari banyak benda dengan benar.
2.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menentukan kuantitas jika presentase dan banyak benda keseluruhan diketahui.
3.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengubah pecahan ke bentuk persen dan sebaliknya.
4.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengubah desimal ke bentuk persen dan sebaliknya.
5.         Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya.
E.       Materi Pembelajaran
Mengubah Pecahan ke Bentuk Pecahan Lain
1.         Arti Persen


Persen untuk menyatakan bagian dari kuantitas atau banyak benda tertentu. Pada gambar disamping, banyaknya gundu yang dibatasi kotak adalah 25 buah, sedangkan seluruhnya adalah 100 buah. Pecahan untuk gambar di samping adalah  , dibaca dua puluh lima perseratus. Perseratus disebut persen, lambangnya %.     =  , maka persen untuk   adalah 25 persen atau 25%.

2.         Menentukan presentase dari banyak benda atau kuantitas
Misal dari 50 buah mangga terdapat 4 buah di antaranya busuk. Dari keterangan di atas persentase buah mangga yang busuk sebagai berikut.
 =  =  = 8 %
Jadi, dapat dikatakan bahwa 8% dari buah mangga itu sudah busuk.
3.         Menentukan banyak (kuantitas) jika presentase dan banyak benda keseluruhan diketahui
a.         Harga sepatu yang tertera pada label Rp50.000,00. Apabila besar diskon 20%, kita dapat menentukan nilai diskon (potongan harga) dalam rupiah.
Diskon = 20% × 50.000 =  x 50.000 =  = 10.000
Jadi, diskon 20% itu senilai dengan Rp10.000,00.
b.        Di dalam keranjang ada 80 mangga. Sebanyak 25% di antaranya sudah matang. Ada berapa buah mangga yang sudah matang? Kita dapat menghitungnya seperti ini.
Mangga yang matang = 25% × 80 =  x 80 =  = 20
Jadi, mangga yang sudah matang ada 20 buah.
4.         Mengubah pecahan ke bentuk persen dan sebaliknya
Langkah-langkah mengubah pecahan ke bentuk persen.
a.         Ubahlah pecahan ke bentuk pecahan berpenyebut 100.
b.        Pecahan tersebut diubah ke bentuk persen.
Contoh:        =  =  = 32 %
         
                      =  =  = 35 %
Langkah-langkah mengubah bentuk persen ke pecahan caranya sebagai berikut.
a.         Ubahlah bentuk persen ke pecahan berpenyebut 100.
b.        Sederhanakan pecahan tersebut.
Contoh:        15 % =   =  =  

                                                148 % =   =  =  = 1    

5.         Mengubah desimal ke bentuk persen dan sebaliknya
Langkah-langkah mengubah pecahan desimal ke bentuk persen.
a.         Ubahlah desimal ke bentuk pecahan berpenyebut 100.
b.        Dari bentuk pecahan diubah ke bentuk persen.
Contoh:        0,72 =   = 72 %
                      0,135 =   =  = 13,5 %
Langkah-langkah mengubah bentuk persen ke bentuk desimal sebagai berikut.
a.         Ubahlah persen ke bentuk pecahan berpenyebut 100.
b.        Pecahan ini diubah ke bentuk desimal.
Contoh:        24 % =   = 0,24
                      65 % =   = 0,65
6.         Mengubah pecahan biasa ke desimal dan sebaliknya
Langkah-langkah mengubah pecahan ke desimal.
a.         Ubahlah pecahan biasa ke bentuk pecahan berpenyebut 10, 100, 1.000, dan seterusnya.
b.        Pecahan yang diperoleh diubah ke bentuk desimal.
Contoh:         =  =  = 0,52

 =  =  = 0,504

           Langkah-langkah mengubah desimal ke pecahan caranya sebagai berikut.
a.         Ubahlah bentuk desimal ke bentuk pecahan berpenyebut 10, 100, 1.000, dan seterusnya.
b.        Sederhanakan bentuk pecahan yang diperoleh tersebut.
Contoh:        0,8 =  =  =

0,24 =  =  =
F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan: Keterampilan Proses
Metode:
@  Ceramah
@  Tanya jawab
@  Diskusi kelompok
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
Motivasi:
Guru menceritakan sebuah cerita yang berisi masalah yang sesuai dengan materi yang hendak dipelajari siwa yaitu pembagian.
Cerita: “Hari minggu lalu Pak Guru pergi ke pasar. Setibanya di pasar, Pak Guru langsung menuju ke toko sepatu karena hendak membeli sepatu. Waktu Pak Guru melihat-lihat, Pak Guru menemukan sepasang sepatu yang bagus dengan harga Rp 50.000,00. Saat pak guru hendak membayar, sang penjual berkata bahwa sepatu bapak mendapatkan diskon/potongan harga sebanyak 20%. Pak Guru bingung, harga sepatu pak guru jadi berapa ya?”
b.        Kegiatan Inti
@  Eksplorasi
a)        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi pengertian persen dan cara menentukannya.
b)        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain.
@  Elaborasi
a)        Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
b)        Setiap kelompok menerima lembar kerja yang diberikan oleh guru.
c)        Siswa mengerjakan soal-soal pada lembar kerja yang didapat.
d)       Setiap kelompok bergiliran menyampaikan hasil kerja kelompok dengan menulis jawaban di papan tulis.
e)        Siswa bersama guru saling melengkapi jika masih ada kesalahan dalam presentasi jawaban.
@  Konfirmasi
Siswa bersama guru meluruskan kesalahpahaman materi.
c.         Kegiatan Akhir
Siswa diberi tugas rumah untuk mengerjakan latihan soal pada buku dan diberi tugas untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
H.      Sumber dan Alat Pembelajaran
@  BSE Gemar Matematika 5: untuk kelas V SD/MI
Oleh Y.D. Sumanto, Heny Kusumawati, Nur Aksin. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

I.         Evaluasi
LEMBAR KERJA KELOMPOK

Nama:       1.
                 2.
                 3.
                 4.
                 5.
A.       Ayo memasangkan! Pasangkan bentuk pecahan biasa dengan bentuk persen yang nilainya sama.
B.       Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang benar bersama kelompokmu!
1.         Ubahlah ke bentuk persen:
a.         0,75
b.         0,125
c.         0,46
2.         Ubahlah ke bentuk desimal:
a.        
b.        
c.        
3.         Ubahlah ke bentuk pecahan biasa:
a.         25%
b.         48%
c.         87,5%
4.         Tentukan nilai atau banyaknya:
a.         20% dari Rp 4.000,00
b.         45% dari Rp 20.000,00
5.         Tentukan persentasenya:
a.         30 manik-manik dari 75 manik-manik
b.         35 mangga dari 50 buah yang ada
C.       Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
  1. Kemarin ayah memetik pisang setandan yang semuanya masih mentah. Pisangnya sebanyak 150 buah. Setelah dua hari ternyata sudah menguning 51 buah. Berapa persen pisang yang sudah menguning?
  2. Sebuah toko buku memberikan diskon 10% setiap pembelian sebuah buku. Rita membeli buku yang harganya tertera pada label. Berapa rupiah diskon yang didapat Rita?




Salatiga, Januari 2013
       Mengetahui,
     Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas


NIP:............................                                                                                      NIP:............................

3 komentar: