Jumat, 22 Maret 2013

RPP IPS KELAS III (KEG JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                         Sekolah                  : .............................
                                        Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                                        Kelas/Semester      : III (tiga)/II (dua)
                                        Alokasi Waktu       : 1 x 20 menit

A.      Standar Kompetensi :
2.    Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
B.       Kompetensi Dasar :
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
C.      Indikator :
1.         Mendefinisikan pengertian kegiatan jual beli.
2.         Menyebutkan macam-macam tempat kegiatan jual beli di lingkungan rumah.
3.         Menyebutkan ciri-ciri tempat kegiatan jual beli.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Setelah mendengar penjelasan dari guru dan melakukan tanya jawab, siswa dapat mendefinisikan pengertian kegiatan jual beli.
2.         Setelah melakukan tanya jawab dengan guru, siswa mampu menyebutkan macam-macam tempat kegiatan jual beli di lingkungan rumah.
3.         Setelah mengamati gambar tentang tempat kegiatan jual beli, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tempat kegiatan jual beli.
E.       Materi Pembelajaran
Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah
     Setiap keluarga mempunyai kebutuhan. Kebutuhan tersebut antara lain adalah makanan, pakaian, dan kebutuhan hidup lainnya. Untuk mendapatkan semua kebutuhan kita harus berbelanja.Tempat-tempat perbelanjaan antara lain warung, toko, dan pasar. Di pasar banyak pedagang yang menjual kebutuhan sehari-hari yang kita butuhkan. Orang yang tinggal di dekat pasar pun dapat menambah penghasilan mereka. Misalnya, membuka titipan sepeda, menjual makanan dan minuman, atau menjadi kuli angkut barang.



1. Macam-Macam Tempat Kegiatan Jual Beli
     Tempat terjadinya kegiatan jual beli, antara lain di warung, toko-toko, dan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar swalayan. Berikut adalah tempat-tempat kegiatan jual beli.
a. Warung
     Warung adalah tempat untuk menjual dan membeli barang kebutuhan sehari-hari. Contohnya, beras, minyak, gula, kopi, teh, sayur-sayuran, sabun, pasta gigi, sampo, dan berbagai keperluan hidup lainnya. Warung biasanya terdapat di rumah-rumah. Barang-barang yang dijual juga hanya sedikit dan harganya kadang boleh ditawar.
b. Toko
     Barang yang dijual di toko biasanya lebih banyak daripada di warung. Sekarang ada toko yang khusus menjual satu macam kebutuhan saja. Misalnya, toko beras, sepatu, pakaian, alat listrik, dan mainan. Harga barang di toko sudah ditetapkan dan tidak boleh ditawar. Di toko kita bisa memilih barang dengan bebas dan membayar sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.
     Untuk membeli bahan-bahan bangunan, orang harus pergi ke toko bahan bangunan. Di sana semua keperluan untuk membuat dan memperbaiki rumah tersedia. Contohnya, pasir, semen, paku, amplas, kayu, dan masih banyak lagi alat dan bahan bangunan yang dijual di sana. Ada lagi toko yang sangat besar. Pembelinya dapat mengambil sendiri barang-barang yang akan dibelinya. Tempatnya juga nyaman. Bahkan ada tempat untuk bermain. Toko ini disebut swalayan.
c. Pasar
     Pasar merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli. Semua kebutuhan sehari-hari tersedia di pasar. Di pasar banyak terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam barang. Ada kios yang khusus menjual sayuran, daging sapi, daging ayam, buah, sembako, dan masih banyak lagi barang-barang yang dijual di pasar. Di pasar kita dapat memilih dan menawar barang yang akan kita beli, sehingga kita dapat membeli kebutuhan kita dengan harga yang lebih murah.
d.  Supermarket
     Supermarket adalah toko yang pembelinya dapat memilih dan mengambil barang yang ingin dibeli. Barang-barang di supermarket tidak bisa ditawar. Persediaan barang di supermarket lebih banyak dan lebih lengkap dibanding toko biasa. Setelah mengambil barang- barang yang dibutuhkan, pembeli membawanya ke kasir. Kasir akan menghitung jumlah barang yang dibeli dan menyebutkan jumlah harga yang harus dibayar oleh pembeli. Untuk mengatasi antrian yang panjang, biasanya disediakan beberapa tempat pembayaran di supermarket. Tempat pembelanjaan di supermarket dibuat nyaman. Ruangannya diberi penyejuk udara atau AC. Di supermarket juga dilengkapi dengan arena permainan anak dan kantin.
2. Barang Kebutuhan Sehari-Hari
     Kita hidup membutuhkan berbagai macam barang. Misalnya, kebutuhan untuk makan. Makan merupakan kebutuhan pokok. Kita memerlukan nasi yang berasal dari beras. Kita juga memerlukan sayuran, telur, daging, ikan, tahu, dan tempe untuk
lauk pauk. Untuk membersihkan badan kita perlu mandi. Untuk mandi kita membutuhkan sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Sabun mandi untuk membersihkan badan. Sikat gigi dan pasta gigi berguna untuk membersihkan gigi dari kuman penyakit, dan sampo untuk mencuci rambut.
     Ibu berbelanja ke pasar. Ibu membeli kebutuhan sehari-hari. Ada beras, gula pasir, teh, kopi, susu, minyak goreng, telur, daging, ikan, dan sampo. Ibu juga membeli sayuran dan buah-buahan. Ada bayam, wortel, kacang, buncis, kangkung dan terung. Ada juga buah-buahan, seperti pepaya, mangga, nanas, apel, dan sebagainya. Ibu juga membeli keperluan bumbu dapur, seperti garam, gula merah, merica, bawang putih, bawang merah, dan cabai.
F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan: Inkuiri
Metode:
@  Ceramah
@  Tanya jawab
@  Diskusi kelompok
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.         Kegiatan Awal
Motivasi:
Guru menceritakan contoh kasus mengenai kegiatan berjual beli yang dilakukan oleh siswa di kehidupan sehari-hari.
b.        Kegiatan Inti
@  Eksplorasi
a)        Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi kegiatan jual beli.
b)        Siswa bertanyajawab dengan guru berkaitan dengan materi kegiatan jual beli.
@  Elaborasi
a)        Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
b)        Setiap kelompok menerima lembar kerja yang diberikan oleh guru.
c)        Siswa mengerjakan soal pada lembar kerja yang didapat.
d)       Setiap kelompok bergiliran menyampaikan hasil kerja kelompok.
e)        Siswa bersama guru saling melengkapi jika masih ada kesalahan dalam presentasi jawaban.
@  Konfirmasi
Siswa bersama guru meluruskan kesalahpahaman materi.
c.         Kegiatan Akhir
Siswa diberi tugas rumah untuk mengerjakan latihan soal pada buku dan diberi tugas untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
H.      Sumber dan Alat Pembelajaran
@  Sumber
BSE: Ilmu Pengetahuan Sosial 3: untuk SD dan MI Kelas III/ Sunarso, Anis Kusuma -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
@  Alat
·           Gambar tempat kegiatan jual beli.

I.         Evaluasi
LEMBAR KERJA KELOMPOK

Nama:       1.
                 2.
                 3.
                 4.
                 5.
Perhatikan gambar yang telah kalian dapat! Berdasarkan gambar tersebut temukan ciri-ciri tempat kegiatan jual beli dan tuliskan jawaban kalian!
·           Tempat berlangsungnya jual beli:
·           Ciri-ciri tempat kegiatan jual beli:


                                                                                                            Salatiga, Maret 2013
       Mengetahui,
     Kepala Sekolah                                                                                          Guru Kelas


NIP:............................                                                                                      NIP:............................

4 komentar: