Jumat, 22 Maret 2013

TUGAS PENDIDIKAN IPA SD


Nama  : Deni Prasetya
NIM    : 292010007
Kelas   : RS10A
Tugas  : Pendidikan IPA SD
Pertanyaan :
1.      Apa yang dimaksud dengan pembelajaran diluar kelas ? Berikan contoh !
2.      Kapan dilaksanakan remidi dan pengayaan ? Jelaskan !
3.      Apakah anda setuju, pengembangan kurikulum sekolah dengan pemanfaatan lingkungan ? Jelaskan !
4.      Jelaskan perbedaan indikator pembelajaran dengan indikator penilaian !
Jawaban :
1.      Pembelajaran di luar kelas adalah suatu metode pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dengan menekankan peserta didik agar mampu mengoptimalkan kemampuan mengolah kata dengan cara melihat dan merasakan apa yang mereka alami secara langsung.
Contoh : Dalam pembelajaran IPA tentang makhluk hidup.
Di dalam kelas guru menjelaskan materi makhluk hidup. Setelah itu siswa diminta untuk pergi ke luas kelas menuju halaman. Siswa diberi tugas untuk mencari makhluk hidup apa  saja yang ada di halaman sekolah. Siswa diminta untuk mencatat setiap makhluk hidup yang dilihat. Setelah siswa selesai mengamati lingkungan sekolah, mereka kembali ke dalam kelas. Di dalam kelas guru meminta siswa untuk maju ke depan dan menceritakan apa yang mereka temukan.
2.      a.    Remidi
Remidi dilaksanakan ketika peserta didik belum bisa menguasai materi atau kompetensi dasar yang ingin dicapai. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa melalui tes, apabila nilai siswa rendah atau di bawah KKM (Kriteria Ketunuasan Minimal) makasiswa perlu diberikan remidi. Baik berupa tugas kelompok atau tugas individu.
b.    Pengayaan
Pengayaan dilaksanakan ketika siswa telah mencapai suatu kompetensi dasar. Tujuan pengayaan ini untuk memperdalam materi pelajaran yang telah dipelajari siswa. Pengayaan dapat dilakukan dalam waktu sendiri atau bersamaan dengan pelaksanaan remidi. Saat siswa yang belum tuntas nilainya melakukan remidi, siswa yang telah mencapai KKM diberi pengayaan. Pengayaan dapat berupa pemberian tugas, baik membaca materi, mengerjakan soal, atau bekerja secara kelompok.
3.      Setuju.
Alasan : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dengan pengembangan kurikulum yang memanfaatkan lingkungan, maka dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran akan memberikan pengaruh tersendiri kepada siswa. Dengan memanfaatkan keadaan lingkungan sekitar, siswa dapat merasakan dan melihat secara langsung keadaan yang sebenarnya. Sehingga minat dan semangat siswa untuk belajar akan muncul.
4.      a.    Indikator pembelajaran
Indikator pembelajaran adalah perilaku yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar. Indikator pembelajaran adalah indikator yang dicantumkan di dalam RPP dan dikembangkan sendiri oleh guru.
b.    Indikator penilaian
Indikator penilaian adalah indikator yang digunakan dalam penulisan soal sebagai instrumen pembelajaran. Indikator penilaian dicantumkan di dalam kisi-kisi soal. Setiap soal memiliki satu indikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar