Nama : Deni Prasetya
NIM :
292010007
Kelas : RS10A
Tugas : Pendidikan IPA SD
Pertanyaan
:
1. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran diluar kelas ?
Berikan contoh !
2. Kapan dilaksanakan remidi dan pengayaan ? Jelaskan !
3. Apakah anda setuju, pengembangan kurikulum sekolah
dengan pemanfaatan lingkungan ? Jelaskan !
4. Jelaskan perbedaan indikator pembelajaran dengan
indikator penilaian !
Jawaban
:
1. Pembelajaran di luar kelas adalah suatu metode
pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dengan menekankan peserta didik agar
mampu mengoptimalkan kemampuan mengolah kata dengan cara melihat dan merasakan
apa yang mereka alami secara langsung.
Contoh : Dalam pembelajaran IPA tentang makhluk
hidup.
Di dalam kelas guru menjelaskan materi makhluk
hidup. Setelah itu siswa diminta untuk pergi ke luas kelas menuju halaman.
Siswa diberi tugas untuk mencari makhluk hidup apa saja yang ada di halaman sekolah. Siswa
diminta untuk mencatat setiap makhluk hidup yang dilihat. Setelah siswa selesai
mengamati lingkungan sekolah, mereka kembali ke dalam kelas. Di dalam kelas
guru meminta siswa untuk maju ke depan dan menceritakan apa yang mereka
temukan.
2.
a. Remidi
Remidi dilaksanakan
ketika peserta didik belum bisa menguasai materi atau kompetensi dasar yang
ingin dicapai. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa melalui tes, apabila
nilai siswa rendah atau di bawah KKM (Kriteria Ketunuasan Minimal) makasiswa
perlu diberikan remidi. Baik berupa tugas kelompok atau tugas individu.
b. Pengayaan
Pengayaan
dilaksanakan ketika siswa telah mencapai suatu kompetensi dasar. Tujuan
pengayaan ini untuk memperdalam materi pelajaran yang telah dipelajari siswa.
Pengayaan dapat dilakukan dalam waktu sendiri atau bersamaan dengan pelaksanaan
remidi. Saat siswa yang belum tuntas nilainya melakukan remidi, siswa yang
telah mencapai KKM diberi pengayaan. Pengayaan dapat berupa pemberian tugas,
baik membaca materi, mengerjakan soal, atau bekerja secara kelompok.
3.
Setuju.
Alasan : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Dengan pengembangan kurikulum yang memanfaatkan
lingkungan, maka dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran akan memberikan
pengaruh tersendiri kepada siswa. Dengan memanfaatkan keadaan lingkungan
sekitar, siswa dapat merasakan dan melihat secara langsung keadaan yang
sebenarnya. Sehingga minat dan semangat siswa untuk belajar akan muncul.
4.
a. Indikator pembelajaran
Indikator
pembelajaran adalah perilaku yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa setelah
dilaksanakan kegiatan belajar mengajar. Indikator pembelajaran adalah indikator
yang dicantumkan di dalam RPP dan dikembangkan sendiri oleh guru.
b. Indikator
penilaian
Indikator
penilaian adalah indikator yang digunakan dalam penulisan soal sebagai
instrumen pembelajaran. Indikator penilaian dicantumkan di dalam kisi-kisi
soal. Setiap soal memiliki satu indikator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar