RANCANGAN PENGEMBANGAN MATERI
Kelas : III
Semester : I (satu)
Topik : Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah
Sub Topik : Lingkungan Sekolah
Standar Kompetensi
(1) Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
Kompetensi Dasar
(1.1) Membuat denah dan peta lingkungan sekolah dan rumah.
Indikator
1. Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari.
2. Membuat denah sekolah dilengkapi rencana penghijauan.
3. Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin.
4. Membaca denah rumah siswa ke sekolah.
5. Membuat peta dari rumah siswa ke sekolah.
6. Membaca peta dari rumah siswa ke sekolah.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari topik ini siswa dapat :
1. Menjelaskan manfaat denah.
2. Membuat denah sekolah.
3. Menyebutkan arah-arah mata angin.
4. Membaca denah sekolah.
5. Membuat peta dari sekolah ke rumah.
Fakta-fakta :
1. Bakat siswa dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler.
2. Setiap sekolah mengajarkan siswa untuk saling tenggang rasa.
3. Koperasi sekolah menunjang kebutuhan pokok pelajar.
4. Sekolah memiliki tata tertib.
5. Sekolah memiliki tempat untuk belajar.
6. Sekolah memiliki sarana dan prasarana seperti laboratorium, perpustakaan, UKS, dan koperasi sekolah.
7. Sekolah mempunyai kurikulum untuk mengajar.
8. Tenaga pengajar di sekolah adalah guru.
9. Sekolah melakukan kerjasama dengan masyarakat.
Konsep-konsep yang dapat dikembangkan :
· Tes
· Ulangan
· Ujian sekolah
· Ujian nasional
· Pekerjaan sekolah
· Pekerjaan rumah
· Kurikulum
· Materi
· Alat peraga
· Media pembelajaran
· Sumber belajar
· Pramuka
· Voli
· Menari
· Menghormati siswa yang berbeda keyakinan
· Buku
· Pensil
· Alat-alat tulis
· Petugas upacara
· Hari kemerdekaan
· Berseragam
· Bersepatu hitam
· Tidak boleh membolos.
Generalisasi :
1. Sekolah adalah tempat belajar formal yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa.
2. Kurikulum yang digunakan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi.
3. Kegiatan yang efektif dan efisien dapat meningkatkan mutu pendidikan.
4. Sekolah berorientasi pada kemajuan pendidikan bangsa.
Nilai :
1. Nilai material
a. Siswa mendapatkan ilmu pengetahuan.
b. Siswa dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki.
c. Siswa dapat belajar disiplin dan tanggungjawab.
2. Nilai vital
a. Siswa menjadi cermat dalam meneliti informasi.
b. Siswa menjadi tekun dalam mempelajari informasi.
c. Siswa menjadi aktif untuk mengumpulkan informasi.
3. Nilai rohani
a. Bersyukur dapat mengenyam pendidikan.
b. Menghormati guru dan teman.
c. Saling menghargai pendapat orang lain.
Sikap :
1. Mematuhi peraturan sekolah.
2. Menyelesaikan tugas tepat waktu.
3. Memakai seragam yang rapi.
4. Menghormati guru dan kepala sekolah.
5. Tidak mencontek saat ulangan.
6. Tidak berkelahi dengan teman.
7. Melaksanakan tugas piket dengan baik.
8. Memperhatikan guru ketika menjelaskan pelajaran.
9. Bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah.
Keterampilan intelektual :
Melalui observasi, siswa mendapatkan tugas untuk mengamati sarana dan prasarana yang terdapat di lingkungan sekolah dan mampu menjelaskan manfaat dan fungsinya serta membuat laporan hasil observasi.
Keterampilan personal :
Siswa mampu menggambar denah sekolah dan menunjukkan batas-batas wilayah sekolah.
Keterampilan sosial :
Siswa mampu bekerjasama dengan cara berdiskusi dengan siswa lain mengenai hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya.
Jenis kegiatan :
ü Individual
ü Diskusi kelompok
Pendekatan :
ü CTL ( Contextual Teaching Learning )
ü Cooperatif Learning
Penugasan kepada siswa :
ü Observasi
ü Menbuat denah
Lembar penilaian observasi :
Penilaian laporan siswa
No. | Aspek yang dinilai | Skor | Nilai |
1. | Sistematika | | |
2. | Isi : - Ketelitian - Kelengkapan - Ketepatan | | |
3. | Pengembangan meteri | | |
4. | Referensi | | |
| Jumlah | | |
Lembar penilaian denah
No. | Aspek yang dinilai | Nilai |
1. | Ketepatan letak gambar | |
2. | Kejelasan gambar | |
3. | Kerapian | |
4. | Komponen denah | |
| Jumlah | |
Laporan kera siswa
No. | Sarana dan Prasarana | Fungsi | Ket. |
| | | |
Kirim dong contoh pengembangan materi dengan topik pengetahuan peta indonesia
BalasHapus