TUGAS
KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
STRATEGI PENGAJARAN SASTRA DI SD
Disusun oleh :
Deni Prasetya 292010007
RS10A
FAKULTAS KEGURUAN dan ILMU PENDIDIKAN (FKIP) S1 PGSD
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA (UKSW)
SALATIGA
Maret 2011
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Pembahasan : Puisi
Kelas : II (dua)
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu memahami isi puisi.
2. Siswa mampu menjelaskan kembali isi puisi yang telah dibaca
3. Siswa mampu mendeklamasi puisi
II. MATERI PEMBELAJARAN
A. Contoh puisi
1. Alamku
Saat bangun pagi
Aku bertemu matahari
Yang memberi sinar bumi
Bumiku jadi terlihat indah
Bunga bunga aneka warna
Kumbang dan kupu kupu
Terbang dan menari gembira
2. Alamku
Kini
Jarang kulihat lagi
Aneka bunga warna warni
Kumbang dan kupu kupu
telah pergi
Mengapa alamku jadi begini
Taman indah telah berganti
Gedung gedung yang tinggi
B. Deklamasi puisi
Deklamasi artinya membaca puisi dengan ucapan kata yang baik dan wajah yang menunjukkan ungkapan rasa sesuai dengan isi puisi yang dibaca.
III. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
Metode ceramah adalah suatu cara mengelola proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru yang umumnya didominasi dengan cara ceramah.
2. Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.
3. Tanya jawab
Metode tanya jawab adalah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut.
4. Pemberian tugas
Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat secara individual atau kelompok.
5. Metode tutorial / bimbingan
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa.
IV. PROSES / KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Membuka pelajaran
Salam, berdoa, presensi.
b. Masalah
Menyampaikan topik yang akan dibahas dan masalah yang akan dipecahkan.
2. Kegiatan inti
a. Guru memberikan contoh puisi kepada siswa dan meminta siswa untuk mencatat kata-kata yang sulit dipahami dan kemudian menanyakannya.
b. Guru mengarahkan siswa agar bisa memahami isi puisi dengan cara memberikan gambaran dari puisi yang telah dibaca.
c. Dari pengarahan tersebut, guru bertanya kepada siswa tentang isi puisi yang telah dibaca.
d. Guru memberikan penjelasan tentang arti mendeklamasi puisi.
e. Guru mengajak siswa untuk bersama-sama mendeklamasikan puisi yang telah dibaca.
3. Penutup
a. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang isi puisi yang telah dibaca.
b. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa berupa pekerjaan untuk membuat puisi karyanya sendiri.
V. KELEBIHAN
Kelebihan yang didapat dari metode pengajaran seperti di atas adalah :
1. Dapat melatih konsentrasi siswa dalam kegiatan mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
2. Dapat melatih kemampuan membaca siswa.
3. Dapat melatih kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan pendapat.
4. Melalui kegiatan pembelajaran tersebut, guru dapat mengevaluasi pemahaman setiap siswa melalui pengamatan pada waktu siswa melakukan suatu hal.
5. Dapat merangsang perkembangan kemampuan berpikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
6. Siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan belajar sehingga pengetahuan yang didapat benar-benar diserap dengan baik.
VI. GAMBARAN BERLANGSUNGNYA KEGIATAN
Guru memberikan contoh puisi kepada siswa. Contoh puisi yang di berikan :
1. Alamku
Saat bangun pagi
Aku bertemu matahari
Yang memberi sinar bumi
Bumiku jadi terlihat indah
Bunga bunga aneka warna
Kumbang dan kupu kupu
Terbang dan menari gembira
2. Alamku
Kini
Jarang kulihat lagi
Aneka bunga warna warni
Kumbang dan kupu kupu
telah pergi
Mengapa alamku jadi begini
Taman indah telah berganti
Gedung gedung yang tinggi
Dari contoh puisi di atas, guru kemudian meminta siswa untuk mencatat kata-kata yang tidak dipahami makna atau artinya dan meminta untuk menanyakan arti dari kata-kata tersebut.
Untuk mempermudah dalam memahami isi puisi tersebut, guru terlebih dahulu memberikan gambaran tentang isi cerita dalam puisi tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk melengkapi kalimat-kalimat yang telah di buat oleh guru sesuai dengan isi puisi di atas.
Puisi alamku I
· Saat bangun pagi aku bertemu . . .
· Bumiku terlihat . . .
· Bunga-bunga . . .
· Kumbang dan kupu-kupu . . .
Puisi alamku II
· Jarang ku lihat lagi . . .
· Kumbang dan kupu-kupu . . .
· Taman indah berganti . . .
Setelah melengkapi kalimat-kalimat tersebut, guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali isi puisi tersebut dengan bahasa mereka sendiri.
Selanjutnya guru menjelaskan tentang deklamasi puisi, yaitu membaca puisi dengan ucapan kata yang baik dan wajah yang menunjukkan ungkapan rasa sesuai dengan isi puisi yang dibaca.
Lalu guru mengajak siswa untuk bersama-sama mendeklamasi puisi berjudul alamku. Puisi alamku I berisi ungkapan rasa senang pada keindahan alam dan guru meminta siswa membaca puisi alamku I dengan memperagakan wajah yang menunjukkan ungkapan rasa senang pada keindahan alam. Puisi alamku II berisi ungkapan rasa kesedihan pada alam yang telah hilang dan guru meminta siswa membaca puisi alamku II dengan memperagakan wajah yang menunjukkan ungkapan rasa sedih pada alam indah yang hilang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar