GAYA BELAJAR
Gaya belajar (learning styles) adalah berbagai pendekatan atau cara yang
digunakan dalam belajar. Gaya belajar merujuk pada bagaimana seseorang ketika
menyerap informasi. Ada tiga macam gaya belajar, yaitu: visual, auditori, dan
kinestetik.
Walaupun cara belajar setiap orang
berbeda, tidak berarti gaya yang satu lebih baik dari gaya yang lain. Perbedaan
ituhanya akibat dari suatu kebiasaan. Sesungguhnya setiap orang memiliki ketiga
gaya belajar tersebut.
Tes Identifikasi Gaya Belajar
(diadaptasi dari Buku Quantum Teaching)
Perhatikan sejumlah tindakan atau
perilaku yang mungkin Anda lakukan. Tandailah dengan tanda check (ü) pada kolom ‘sering’, ‘kadang-kadang’,
atau ‘jarang’.setelah semua dikerjakan, hitung jumlah tanda check tiap kolom
dan selanjutnya ikuti petunjuk pada bagian akhir setiap tabel.
Gaya Belajar Visual
No.
|
Visual
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Rapi
dan teratur
|
|
|
|
2
|
Berbicara
dengan cepat
|
|
|
|
3
|
Pengatur
dan perencana jangka panjang yang baik
|
|
|
|
4
|
Pengeja
kata yang baik
|
|
|
|
5
|
Lebih
mudah mengingat yang didengar daripada yang dilihat
|
|
|
|
6
|
Menghapal
dengan asosiasi visual (misal: gunung dengan segitiga)
|
|
|
|
7
|
Sulit
menerima penjelasan yang disampaikan secara lisan
|
|
|
|
8
|
Lebih
suka membaca sendiri daripada dibacakan
|
|
|
|
9
|
Sering
membuat corat-coret selama menelpon
|
|
|
|
10
|
Lebih
suka melakukan daripada ‘berpidato’
|
|
|
|
11
|
Lebih
menyenagi lukisan daripada musik
|
|
|
|
12
|
Tahu
apa yang harus dilakukan tetapi sukar menemukan kata yang tepat
|
|
|
|
|
Sub
total
|
|
|
|
|
|
X
2
|
X
1
|
X
0
|
|
Total:
.....
|
.............+.................+.............
|
Gaya Belajar Auditorial
No.
|
Auditorial
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Sering
berbicara dengan diri sendiri sembari bekerja
|
|
|
|
2
|
Mudah
terganggu oleh keributan kecil
|
|
|
|
3
|
Jika
membaca sambil menggerakkan bibir
|
|
|
|
4
|
Lebih
suka membaca keras-keras dan mendengarkan
|
|
|
|
5
|
Pandai
bercerita secara lisan tetapi sulit jika mau menuliskannya
|
|
|
|
6
|
Berbicara
dengan berirama
|
|
|
|
7
|
Seorang
pembicara yang fasih
|
|
|
|
8
|
Lebih
menyukai seni daripada musik
|
|
|
|
9
|
Mudah
mengingat yang didengar daripada yang dilihat
|
|
|
|
10
|
Sering
berbicara panjang-lebar daripada melakukan sesuatu
|
|
|
|
11
|
Lebih
baik mengeja daripada menuliskan
|
|
|
|
12
|
Senang
mengulang dan menirukan yang diucapkan orang
|
|
|
|
|
Sub
total
|
|
|
|
|
|
X
2
|
X
1
|
X
0
|
|
Total:
.....
|
.............+.................+.............
|
Gaya Belajar Kinestetis
No.
|
Kinestetis
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Jarang
|
1
|
Sering
berbicara dengan lambat
|
|
|
|
2
|
Sering
menyentuh orang lain untuk mendapatkan perhatian
|
|
|
|
3
|
Berdiri
sedekat mungkin pada saat berbicara dengan orang lain
|
|
|
|
4
|
Berorientasi
pada fisik dan gerak
|
|
|
|
5
|
Lebih
suka belajar melalui aktivitas fisik daripada membaca atau mendengarkan
|
|
|
|
6
|
Lebih
sering menghapalkan sesuatu sambil berjalan-jalan
|
|
|
|
7
|
Pada
saat membaca sering menggunakan jari sebagai penunjuk
|
|
|
|
8
|
Banyak
menggunakan isyarat-isyarat tubuh
|
|
|
|
9
|
Tidak
dapat duduk tenang dalam waktu yang lama
|
|
|
|
10
|
Lebih
sering membuat keputusan berdasarkan perasaan
|
|
|
|
11
|
Ketika
mendengarkan sesuatu sambil mengetuk-ngetuk jari, pena, dsb
|
|
|
|
12
|
Menyediakan
waktu untuk berolahraga atau aktivitas fisik yang lain
|
|
|
|
|
Sub
total
|
|
|
|
|
|
X
2
|
X
1
|
X
0
|
|
Total:
.....
|
.............+.................+.............
|
Masukkan
skor Anda pada tabel berikut dan hubungkan dengan penggal garis. Skor tertinggi
menunjukkan gaya belajar Anda yang dominan. Diikuti oleh gaya belajar yang
kadang-kadang Anda gunakan juga.
Skor total tes gaya belajar
Skor
|
Visual
|
Auditorial
|
Kinestetis
|
24
|
|
|
|
23
|
|
|
|
22
|
|
|
|
21
|
|
|
|
20
|
|
|
|
19
|
|
|
|
18
|
|
|
|
17
|
|
|
|
16
|
|
|
|
15
|
|
|
|
14
|
|
|
|
13
|
|
|
|
12
|
|
|
|
11
|
|
|
|
10
|
|
|
|
9
|
|
|
|
8
|
|
|
|
7
|
|
|
|
6
|
|
|
|
5
|
|
|
|
4
|
|
|
|
3
|
|
|
|
2
|
|
|
|
1
|
|
|
|
Skor tertinggi menunjukkan gaya
belajar Anda yang paling dominan, yang sesungguhnya paling sering Anda lakukan.
Dua gaya belajar lain merupakan gaya belajar pendamping. Selain dengan tes gaya
belajar dari Buku Quantum Teaching, Anda dapat menggunakan model berikut yang
diadaptasi dari Colin Rose (1987): Accelerated Learning.
Jika Anda ...
|
Visual
|
Auditorial
|
Kinestetis
|
Mengeja
kata
|
Sambil
melihat kata yang dieja
|
Sambil
mendengarkan bunyi yang Anda hasilkan
|
Sambil
menuliskan kata itu di kertas
|
Berbicara
|
Tidak
tahan mendengarkan kata-kata lawan bicara dalam waktu lama
|
Senang
mendengarkan kata-kata lawan bicara tetapi tidak sabar untuk tidak berbicara
|
Melakukan
gerakan-gerakan tubuh sesuai dengan suasana hati
|
Konsentrasi
|
Mudah
terganggu oleh gerakan-gerakan lain
|
Mudah
terganggu oleh suara/bunyi yang terjadi
|
Mudah
terganggu oleh aktivitas di sekitar
|
Bertemu
kembali dengan seseorang
|
Lupa
namanya tetapi ingat dengan wajah dan tempat ketika berjumpa sebelumnya
|
Lupa
wajahnya tetapi ingat namanya dan tutur katanya
|
Ingat
semua yang dikerjakan bersama
|
Berhubungan
dengan orang lain dalam rangka tugas
|
Senang
berjumpa langsung
|
Senang
lewat telepon
|
Berbicara
sambil mengerjakan sesuatu
|
Membaca
|
Senang
deskripsi yang menggambarkan tindakan yang dilakukan pelaku
|
Senang
dengan dialognya
|
Senang
dengan cerita silat
|
Melakukan
yang baru
|
Senang
melihat cara kerjanya
|
Senang
membaca petunjuk
|
Senang
langsung mencoba/melakukan
|
Menggunakan
komputer
|
Melihat
diagram lebih dahulu
|
Minta
bantuan seseorang
|
Langsung
mencoba sendiri
|
Ciri-ciri siswa Visual:
1.
Siswa visual lebih senang menyerap
informasi melalui tulisan, gambar, diagram atau sesuatu yang dapat dilihat.
2.
Biasanya senang melihat gerak tubuh dan
mimik anda didepan kelas untuk memahami penjelasan Anda.
3.
Mereka senang duduk di baris depan
karena tidak ingin terganggu oleh tubuh kawan-kawannya.
4. Mereka berpikir lewat gambar dan sajian
visual yang lain, misalnya diagram, grafik, peta konsep, ilustrasi dari buku teks,
video, atau transparansi OHP.
5.
Mereka senang mencatat semua rincian
yang Anda sampaikan di kelas.
Ciri-ciri siswa Auditorial:
1. Siswa auditorial lebih senang menyerap
informasi Anda secara lisan, diskusi, atau mendengarkan apa yang Anda ucapkan.
2. Mereka akan menginterpretasikan makna
melalui intonasi dari ucapan Anda, termasuk irama bicara Anda.
3.
Penjelasan tertulis kurang berarti bagi
mereka.
4. Mereka akan diuntungkan jika belajar
dengan membaca dan diucapkan atau mendengarkan lewat rekaman.
Ciri-ciri siswa Kinestetik:
1.
Siswa kinestetik senang belajar lewat
kegiatan langsung, melakukan sesuatu secara fisik.
2.
Mereka sangat sukar untuk duduk dalam
jangka waktu yang panjang tanpa melakukan sesuatu.
3.
Mereka belajar melalui aktivitas fisik.
4.
Mereka aktif secara fisik dan sering
ambil istirahat.
5.
Mereka berbicara sambil
menggerak-gerakkan tangan atau bagian tubuh yang lain.
6.
Mereka tergantung pada apa yang dialami
atau dilakukan.
7.
Dalam pelajaran IPA, mereka akan mudah
memahami apa yang dikerjakan di lab atau di lapangan.
8.
Mereka sangat senang bekerja fisik.
9.
Mereka juga senang jika Anda memberi
dorongan dengan menepuk bahunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar