Rabu, 18 Januari 2012

TUGAS PENDIDIKAN SENI {BENTUK-BENTUK SENI}

Nama : Deni Prasetya
NIM    : 292010007
Kelas   : RS 10 A
1.      Kolase
Kolase (collage) adalah sebuah cabang dari seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah desain atau rancangan tertentu.
Contoh karya seni kolase :

                http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSeQmzOQjPJoYZBSuEbE9bxAk9fDAyZjwY_JONJ8ral8PYeTJcegghttp://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSeQmzOQjPJoYZBSuEbE9bxAk9fDAyZjwY_JONJ8ral8PYeTJcegg
2.      Batik
Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "nitik". Batik adalah seni melukis dilakukan diatas kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias diatas kain tersebut.
Contoh karya seni batik :
                            
3.      Membutsir
Teknik Membutsir atau teknik Modeling, yaitu teknik membuat patung dengan cara memijit, menambah dan mengurangi bahan yang dibentuk, biasanya dibantu dengan alat butsir.
contoh karya membutsir :
                    

4.      Mencukil
Mencukil atau cukil kayu  adalah teknik  menghasilkan gambar maupun tulisan melalui proses pencetakan menggunakan permukaan lembar kayu ataupun lembar linoleum yang dipahat atau dicukil menggunakan tatah sebagai pencetak setelah dibubuhi cat atau pewarna pada kain maupun kertas yang sedikit dibasahi.
Contoh karya seni teknik mencukil :
                  

5.      Meronce
Meronce adalah seni Kerajinan menggabungkan suatu kombinasi benda benda dengan menggunakan tali.
contoh teknik meronce :
                               

6.      Makrame
Makrame adalah sebuah bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai.
Contoh karya seni makame :
                                          

7.      Merangkai
Merangkai adalah seni kerajinan menggabungkan suatu benda membentuk suatu rangkaian yang unik , biasanya bunga dibuat bunga karangan atau juga buah.
Contoh seni merangkai :
                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar